Nutrisi Otak Anak yang Sangat Penting Bagi Kecerdasan Anak

Kecerdasan otak anak tergantung dengan kelengkapan kebutuhan nutrisi otak anak. Karena nutrisi sangat penting untuk merangsang kerja otak anak menjadi lebih maksimal. Apabila nutrisi dan asupan gizi anak buruk, maka fungsi kerja otak anak tidak akan berjalan dengan baik. Meskipun beberapa kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan otak telah terkandung dalam beberapa jenis makanan yang sering dikonsumsi, namun tidak semua nutrisi pada makanan yang telah dikonsumsi bisa lengkap dan cukup untuk membantu meningkatkan perkembangan otak dan daya memori otak, terutama bagi anak-anak.

Melengkapi kebutuhan nutrisi otak anak sejak dini sangat penting dilakukan. Karena masa anak-anak terutama usia 0-3 tahun merupakan masa keemasan. Semakin lengkap dan banyak nutrisi otak yang terpenuhi, maka akan semakin banyak jumlah sel pada otak anak, sehingga anak akan semakin cerdas. Untuk itu, sebaiknya kenali berbagai jenis nutrisi otak anak yang penting meningkatkan kecerdasan anak seperti berikut ini:

  • Asam lemak Omega 3, 6, dan 9. Asam lemak Omega ini merupakan asam lemak yang paling penting di antara asam lemak lainnya, karena memiliki kandungan zat anti peradangan dan anti penggumpalan darah. Selain itu, asam lemak ini juga sangat bermanfaat dalam menjaga fungsi sistem saraf pusat dan otak. Hal ini tentunya telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan di inggris, bahwa anak-anak yang diberi asam lemak esensial mendapatkan nilai yang lebih tinggi di sekolah. Omega 3 dapat ditemukan pada ikan salmon dan tuna. Sementara itu, Omega 6 dapat ditemukan pada minyak jagung, minyak kanola, minyak kedelai, dan minyak biji bunga matahari. Sedangkan Omega 9 dapat ditemukan pada minyak zaitun.
  • Zat besi. Zat besi merupakan salah satu zat yang dapat menjaga fungsi aktivitas saraf. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kurangnya kecerdasan, perilaku yang buruk dan konsentrasi yang buruk. Zat besi tersebut dapat ditemukan pada kulit kentang, kacang-kacangan, roti gandum, buah prune, bayam, telur, kangkung dan sereal.
  • Asam amino. Asam amino berguna untuk membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsangan atau neotransmitter pada sambungan sel saraf. Asam amino dapat ditemukan pada daging sapi, daging ayam, telur, susu, kacang kedelai, gandum, biji labu, alpukat, kacang-kacangan, buah, dan sayur.
  • Vitamin B. Vitamin ini sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak dan meningkatkan kinerja memori dalam otak. Makanan yang mengandung vitamin B yaitu telur, bayam, wortel, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan daging. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kerusakan saraf, kehilangan memori, kelambatan mental, dan perubahan suasana hati.  

Itulah beberapa nutrisi penting yang sangat dibutuhkan dalam nutrisi otak pada anak. Masih banyak nutrisi penting lainnya yang perlu Anda ketahui. Sebaiknya lengkapi kebutuhan nutrisi otak anak dengan Wyeth Nutrition.

Leave a Reply