5 Peluang Usaha Kuliner yang Menggiurkan

Makan merupakan kebutuhan hidup semua manusia, bahkan ada juga loh yang menjadi hobi. Tidak aneh jika banyak tempat makan yang selalu penuh dipadati banyak orang. Itulah mengapa bisnis kuliner disebut sebagai bisnis yang tidak pernah mati, karena bisnis kuliner didasari terhadap kebutuhan utama manusia yaitu makan.

Selain itu, bisnis kuliner juga menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan. Mungkin anda sudah sering dengar profil pengusaha kuliner dengan omset ratusan juta bahkan milyaran setiap harinya. Kenapa mereka bisa mendapat omset sebanyak itu? Karena kuliner selalu dicari banyak orang setiap harinya. Tertarik untuk mencoba usaha kuliner? Berikut ini ada 5 peluang usaha kuliner yang menggiurkan :

Usaha Ayam Bakar

Walaupun usaha ayam bakar sudah menjamur dimana-mana tapi peminatnya masih sangat banyak, jadi anda tidak perlu khawatir. Merintis usaha ayam bakar dibutuhkan resep yang tepat sehingga ayam bakar yang dibuat memiliki rasa yang gurih dan nikmat.  Modal Awal mengawali bisnis ayam bakar ini kurang lebih Rp 4 juta untuk membeli bahan makanan dan peralatan dagang seperti etalasi, tempat panggang dan alat panggangnya.

Pilih lokasi yang strategis, jika memungkinkan pilihlah lokasi yang dekat dengan perkantoran, kampus, pabrik dan kost sehingga anda bisa mendapatkan lebih banyak pembeli.

Usaha Bebek Goreng

Selain ayam, ternyata bebek juga menjadi primadona kuliner di Indonesia. Anda mungkin sering lihat penjual bebek goreng di pinggir jalan yang hanya menggunakan gerobak kayu sederhana. Walaupun dagangan mereka terlihat sederhana tapi omset mereka lumayan besar. Beberapa pedanga bebek bakar mengaku dapat mengantongi keuntungan Rp 300.000- Rp 1.000.000 per harinya.

Modal awal untuk membuat gerobak kurang lebih Rp 2 juta dan untuk membeli bahan makanan bebek gorengnya kurang lebih Rp 3 juta. Anda juga bisa menambah sate usus, tahu dan tempe goreng sebagai variasi dalam berjualan bebek.

Usaha Makanan Beku

Makanan beku atau frozen food merupakan peluang bisnis yang sedang booming saat ini. Beberapa jenis makanan beku yang laris dipasaran yaitu sosis beku ukuran jumbo, kebab, kepiting, dan kornet. Untuk pembuatan frozen food ini memang dibutuhkan keahlian yang bisa anda pelajari dari internet dan kursus tata boga karena anda harus memiliki pengetahuan tentang tingkat derajat untuk pembekuan makanan dan kualitas makanan yang sudah dibekukan.

Namun, penghasilan yang bisa anda dapatkan dari usaha makanan beku ini lumayan besar. Selain bisa dijual door to door, anda juga bisa kerja sama dengan rumah makan atau restaurant, perkantoran, hotel, dan home stay.

Usaha Nasi Uduk

Nasi uduk sudah sangat akrab dengan lidahnya orang Indonesia, bahkan nasi uduk memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Peluang usaha nasi uduk ini bisa dibilang sangat menjanjikan, karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, sedangkan lauk yang dimasak tidak jauh berbeda dengan lauk sehari-hari  seperti telor, bihun, semur tahu, sambal, kerupuk, dan jengkol (biasanya nasi uduk betawi). Kisaran modal yang dibutuhkan antara Rp 300.000-Rp 5 Juta tergantung dari banyaknya nasi uduk dan lauk yang ingin anda jual.

Dulu, nasi uduk hanya dijual pada pagi hari saja tapi sekarang ini banyak penjual nasi uduk yang buka pada malam hari. Bahkan tidak sedikit penjual nasi uduk yang mendekorasi tempat jualannya senyaman mungkin sehingga sering dijadikan tempat kongkow anak-anak muda.

5 peluang usaha kuliner yang menggiurkan diatas sudah terbukti  memberikan penghasilan yang besar kepada pelakunya. Perhatikan kualitas dan rasa makanannya, karena rasa merupakan poin yang paling penting dalam menjalankan usaha kuliner.

Leave a Reply