4 Macam Usaha Sampingan untuk Karyawan

Bekerja di perusahaan besar sebagai seorang karyawan memang sangat membanggakan, apalagi untuk mereka yang masih fresh graduate. Banyak fasilitas yang menggiurkan untuk karyawan seperti gaji tetap, tunjangan kesehatan, tunjangan hari tua, dan tunjangan hari raya. Tentu saja semua fasilitas tersebut diberikan agar karyawan tetap loyal kepada perusahaan.

Namun yang namanya gaji bulanan tentu saja diberikan pada akhir bulan, sehingga ketika pertengahan bulan gaji sudah habis maka terpaksa harus mengirit sampai akhir bulan tiba. Maka dari itu, banyak karyawan yang mencari usaha sampingan untuk menambah pemasukan. Sayangnya, banyak dari mereka yang kebingungan mencari ide usaha sampingan yang tepat untuk dijalankan.

Berikut ini, ada 4 macam usaha sampingan untuk karyawan yang mungkin bisa anda jalankan :

Jualan Pulsa dan Paket Internet

Sekarang ini yang namanya pulsa dan paket internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup, apalagi dengan meningkatnya penjualan smartphone di Indonesia. Bisa dibilang peluang bisnis pulsa dan paket internet ini sangat menguntungkan. Anda bisa membuka konter kecil-kecilan di rumah, selain itu bisa juga jualan pulsa di kantor.

Keuntungannya memang tidak terlalu besar, sekitar Rp500-Rp1000 per transaksi. Tapi, faktor kali dalam penjualan pulsa sangat besar. Misalkan saja, dalam sehari ada 100 orang yang membeli pulsa berarti keuntungan yang bisa anda dapatkan Rp 1000 x 100 orang = Rp 100.000, keuntungan seperti ini sangat memungkinkan karena setiap orang bisa membeli pulsa lebih dari sekali dalam sehari.

Bisnis Les Privat Sesuai dengan Keahlian Anda

Jika anda memiliki keahlian khusus pada bidang tertentu, maka anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk menghasilkan uang dengan cara membuka les privat. Ada banyak jenis les privat yang bisa anda jalankan seperti les komputer, bahasa Inggris, matematika, Bahasa Jepang, pemograman, menjahit, bahkan les bela diri.

Tinggal anda sesuaikan jenis les privat dengan keahlian yang anda miliki. Untuk pemasarannya, anda bisa tawarkan pada teman dekat anda atau teman sekolah anak anda. Selain itu, anda juga bisa membuat brosur dengan desain yang menarik mengenai les privat milik anda. Berikan harga perkenalan yang menarik untuk pendaftar pertama.

Bisnis Desain Grafis yang Masih Eksis

Untuk anda yang punya hobi di desain grafis, silakan ubah hobi anda menjadi ladang uang. Sekarang ini banyak sekali situs untuk menjual desain hasil karya kita sendiri seperti sribu.com, projects.co.id, 99design, dan lainnya. Pekerjaan sampingan ini bisa anda lakukan pada saat istirahat kerja, atau ketika sedang tidak ada kerjaan.

Selain itu, anda juga bisa membuat website atau blog sendiri sebagai media pemasaran. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan logo, desain untuk kaos, spanduk, dan lainnya. Sertakan portofolio atau karya buatan anda sendiri di website. Sebar link website atau blog anda ke berbagai jejaring social dan forum internet.

Warung Kopi untuk Nongkrong

Warung kopi selalu identik dengan kursi panjang yang didalamnya tersedia aneka telur setengah matang, indomie, dan bubur kacang hijau. Anda bisa membuka warung kopi dengan konsep yang berbeda. Misalkan, anda buat warung kopi yang bangkunya dari ban bekas dan mejanya dari drum bekas.

Anda bisa menambahkan fasilitas yang dapat menarik minat pengunjung seperti wifi atau hotspot, kartu gaple, monopoli, catur, dan mainan menarik lainnya. Untuk tempatnya, anda bisa memanfaatkan garasi rumah atau bisa juga ajak kerjasama kerabat anda yang memiliki lahan lebih untuk anda gunakan.

Jika usaha sampingan ini anda jalankan dengan serius, maka tidak menutup kemungkinan penghasilan yang anda dapatkan bisa melebihi gaji bulanan. Silakan anda pilih sendiri dari 4 macam usaha sampingan untuk karyawan diatas yang sesuai dengan minat anda.

Leave a Reply